Cerita Ayah

Kelinci Bukan Ciptaan Allah, Itu Cuma Gosip!

Tentang banyak pertanyaan, anak harus dijelaskan kalau kereta api, indomaret, hingga kelinci bukan ciptaan Allah. Orang tua harus menjelaskan proses kenapa suatu benda hadir di muka bumi.

Untuk banyak pertanyaan tentang kehadiran sebuah benda, kami menghindari benda ini dan bentu itu dijawab dengan adalah ciptaan Allah. Karena Arden harus memahami proses. Seperti proses kehadiran 7 anak kelincinya di muka bumi.

Dia melihat sendiri proses kawinnya “si kelinci bombom nan jantan” menyodok “si Mochi yang betina.” Meski arden masih heran dampak penyodokan itu terhadap lahirnya, Enyoi, Tony 1, Tony 2, Cucut, Cicit, duh dua lagi siapa ya namanya. Lupa!

Baca juga : Seminggu Sekolah yang Menyenangkan Bagimu, Bagiku, Baginya

Dia juga pernah bertanya siapa pencipta kereta api dan indomaret. Waktu kami suruh dia jawab sendiri dan taraaaa, “Ciptaan Allah,” Dia maha Pencipta dari sudut pandang Islam.

Tetapi bukan itu yang kami jelaskan. Kami kasih dia tontonan tentang perkeretapian melalui youtube. Hingga, dia tahu proses penciptaannya dan mengerti kalau ada KRL, kereta uap, kereta cepat ala jepang, dan kereta lainnya.

Untuk Indomaret pun sebagai Toko yang wajib didatangi olehnya, kami sudah jelaskan kalau minimarket bukan ciptaan Allah. Ada mekanisme pendirian usaha dan jatuh bangun dibaliknya. Arden mengerti? ya tidak!

Tetapi dia tahu kalau seluruh makanan diantar mobil atau truk kecil. Kok bisa? Lah kan kami sering ke Indomaret dan sering lihat truk antar barang.

Hal yang Dipelajari dari Kelinci Bukan Ciptaan Allah

Proses sebuah penciptaan benda tak boleh diingkari dan tentu saja Arden mempelajarinya. Mau dari ibu kek, dari ayah kek, dari youtube kek, yang penting jawabnya tidak jalan pintas, “Diciptakan oleh Allah.” Kebayangkan, kalau ada ujian sekolah, “Sebutkan bagaimana kompor gas dibuat?” Terus dijawab, dibuat oleh Allah.

Namun, dari pertanyaannya yang kami masih bingung untuk menjawabnya adalah, “Bagaimana Fernando tiba-tiba punya adik?” Waktu kami bilang hasil perkawinan. Dia bayangkan bagaimana kelinci kawin.

Baca pula : Untuk Arden Anakku, Nikmati Sekolah Bermain dan Bergembiralah

Jadi adik Fernando lahir dari sodokan ala kelinci. Udah pernah belum lihat kelinci kawin? Ya gimana lagi, kan belum pernah melihat manusia sodok-sodokan di depan mata. Biarkan Arden memikirkannya sendiri. Haha…

Kelak juga dia akan mengerti dan tenang ada youtube yang bisa membantu menjelaskannya. Yang penting, dia memahami proses dari apa yang dipertanyakannya.

Kalau ndak ngerti juga, ya santai aja bro, anak kecil bertanya tinggal kita jawab. Masalah dia mengerti atau tidak, yang penting tidak mengecilkan daya imajinasinya di kepalanya yang penuh tanda tanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *