Arden Berkata, salatlah daripada kebakaran

Setelah Arden sekolah PAUD AlFitroh, ilmu agama mulai dikenalnya. Bukan ilmu fiqih dan aqidah gimana-gimana sih.  Arden mulai mengenal salat, doa, neraka dan surga. Mungkin, cerita dari ibu guru membuatnya penasaran dan beberapa kali melontarkan apa yang diperolehnya di sekolah kepada ayahnya. Yang menjadi masalah adalah kalau dia juga mendengar soal agama ini seperti praktik salat dari teman-temannya. Kebayangkan ketika anak mendengar dari temannya kalau tidak salat, rumahnya akan kebakaran di neraka.

Arden : Ayah, ayah...
  Ayah : ZZZZZzzzz (Tidur jadi bangun)
  Arden : Ayah, Ayah...
 Ayah : Zzzzzz (ganggu pisanlah)
 Arden : Tahu enggak, kata Igri itu ayah dan Ade itu harus rajin salat. Kalau enggak rumah kita kebakaran.
 Ayah : Ya ampuuun. Tapi ini enggak kebakaran.
 Arden : Nanti yah, kebakarnya.
 Ayah : Loh... nanti kapan?
 Arden : Di neraka!
 Ayah : Tobat Ya Alloh... Ampuni kami.
 Arden : Ih ayah mah... Malah berdoa. bukan salat.

Arden pasti horor banget soal cerita tidak salat ini. Perkaranya ayahnya memang jaaaraaaang sekali salat. Jangankan salat bangun pagi banget aja ogah kok. 🙂 Seorang  psikolog bernama Dini S. Budi, menyatakan cara mengenalkan tentang ajaran agama adalah dengan menceritakan secara sederhana berkaitan pelajaran ketuhanan, seperti anak diajak berdoa sebelum melakukan suatu kegiatan. Orang tua juga bisa mencontohkan dengan memberikan anak perlengkapan ibadah dan ajak mereka melakukan bersama. Anak akan melakukannya tanpa terpaksa kelak, dengan kesadaran sendiri.

Baca juga : Masjid Pinky : Laporan Lomba Mewarnai

Selain itu, anak akan merasa dekat dengan orang tua ketika mengajarkan tentang agama, misalnya mempersiapkan alat ibadahnya. Anak akan mencontoh perilaku kita. Ketika kecil, anak memiliki kemampuan yang terbatas tentang ketuhanan, maka orang tua dapat menuntunnya dan mengenalkannya secara perlahan. Ajarkan kebaikan-kebaikan dalam melakukan ibadah dan ritual lain dalam beragama.

Ketika sejak kecil mengenalkan Tuhan, setidaknya orang tua memberikan bibit spiritualitas untuk anak-anak. Beribadah merupakan wujud rasa syukur dan ekspresi seorang manusia yang membutuhkan kedamaian dalam dirinya. Ketika anak dikenalkan beribadah, , anak-anak belajar mensyukuri nikmat-Nya. Ajarilah sejak kecil, agar dia terbiasa melakukannya dengan kesadaran dan sudah terbiasa beribadah ketika dewasa kelak.

Wajib Mampir ke Tempat Ini Kalau Liburan ke Labuan Bajo!

 

“Kita perginya naik apa yah?” Tanya Arden penasaran mau berangkat naik apa. Naik Pesawat dong! Berpergian jauh tentu saja sik asik naik pesawat. Jadi ingat pertama kali Arden balik kampung ke rumah kakeknya, dia senang sekali naik pesawat. “Boleh berdiri enggak yah?” Aku menggeleng dan menginstsruksikan duduk, karena pesawat siap mau lepas landas.

Soal berpergian jauh begini, harus pilah-pilih naik pesawat nyaman, apalagi kalau perginya jauhhhh sekali. Terutama Kalau berpergian ke tempat tujuan wisata. Selain tempatnya juga harus milih yang oke punya, tujuan wisatanya juga yang sik asik untuk dikunjungi.

Naik Citilink, ayo kita ke Labuan Bajo. Kota di Nusa Tenggara Timur ini seakan tidak ada habisnya memikat hati jutaan wisatawan. Tidak hanya tentang Pulau Komodonya yang terkenal di dunia, di sini masih banyak lagi destinasi wisata andalan yang menawarkan keindahan bukit, pantai, bahkan alam bawah lautnya.

Hal yang paling membuat wisatawan terpesona saat berkunjung ke Labuan Bajo adalah langit di kala senja! Bagai surga menanti malam. Warna langit yang berubah menjadi jingga, menciptakan siluet menakjubkan dari pulau-pulau kecil di sekeliling Labuan Bajo.

Hampir semua destinasi wisata di Labuan Bajo dapat dijadikan spot spesial menikmati senja. Destinasi wisata apa sajakah itu? Yuk langsung saja disimak. Jangan sampai ketinggalan info wisatanya.

Manta Point

sumber:komododivecenter.com

Manta Point merupakan destinasi wisata snorkeling yang berada di tengah-tengah laut. Keunikan dari destinasi wisata ini adalah, kamu bisa snorkeling bersama Manta Ray. Jika kamu beruntung, Manta Ray berenang sangat dekat dengan kamu, sampai-sampai kamu bisa menyentuh bagian tubuhnya.

Pulau Kalong

sumber:lovina.co.id

Destinasi lain di Labuan Bajo yang tidak kalah uniknya yakni Pulau Kalong. Berkunjunglah waktu senja tiba, kamu akan disambut ribuan binatang Kalong yang berterbangan keluar dari sarang mereka. Pengalaman yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja ketika jalan-jalan ke sini adalah melihat keindahan pulau diwaktu senja dengan dihiasi ribuan Kalong berterbangan di langit.

Pantai Pink Namo

sumber:baliaerotravel.com

Mulai santer terdengar pada awal tahun 2015, Pantai Pink Namo kini jadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Labuan Bajo. Pantai dengan pasir berwarna pink ini tidak hanya menawarkan keindahan bibir pantainya saja, alam bawah lautnya juga tidak kalah indah loh!

Namun, karena masih terbilang destinasi baru, Pantai Pink Namo masih belum dikelola secara baik. Masih banyak sampah yang berserakan di sepanjang bibir pantai. Sangat disayangkan.

Air Terjun Cunca Wulang

sumber:tjuputography.com

Air Terjun yang satu ini sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara, itu terlihat dari banyaknya turis asing yang datang dibanding dengan turis lokal. Air Terjun Cunca Wulang berlokasi sekitar 300 meter ke arah timur Labuah Bajo. Dan ketika berada disini, kita akan merasa seperti sedang di kampung halaman sendiri! Untuk menikmati keindahannya, kamu diharuskan berjalan melewati hutan sekitar 30 menit.

Setelah menempuh perjalanan tersebut, kalian akan disambut dengan keindahan tebing tinggi dan air sungai jernih berwarna biru. Kamu diharuskan berenang terlebih dahulu sebelum benar-benar mencapai air terjun.

Ada keseruan lain, bagi kamu yang suka dengan adrenalin, kamu bisa melompat dari tebing dengan tinggi sekitar 10 meter. Selain menguji nyali, melompat ke sungai dari ketinggian tebing juga akan memberimu pengalaman yang istimewa.

Pulau Kanawa

sumber:sayabackpacker.wordpress.com

Bagi kamu yang ingin bersantai sambil menikmati keindaham Labuan Bajo, Pulau Kanawa adalah destinasi wisata yang tepat. Di tempat ini terdapat restoran dengan menu aneka olahan laut, yang pasti dengan citarasa istimewa. Tidak hanya itu, kamu juga bisa snorkeling atau berjalan mendaki bukit yang berada di sekitaran Pulau Kanawa. Di puncak bukit tersebut, kamu bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Waktu yang paling tepat berada di puncak bukit adalah saat senja tiba.

Pulau Bidadari

sumber:komodotour.co.id

Pulau Biadari atau Angel Island adalah pulau yang lokasinya paling dekat dengan Labuan Bajo. Di pulau ini, kamu bisa puas snorkeling dan juga bersantai ria. Masyarakat lokal menyebut Pulau ini dengan sebutan Pulau Bidari.

Menarik ya. Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi bersama citilink. Tak perlu repot lagi, kamu bisa cek harga tiket citilink lewat www.traveloka.com/citilink. Jangan lupa nantikan promo-promo tiket pesawat citilink, yang tidak hanya murah, namun bisa memberimu pengalaman yang tak terlupakan. Liburan dong naik citilink nyaman bersama keluarga.

Lima Rebu untuk Anak Yatim

 

Menjelang Pergi sekolah, Arden tiba-tiba meminta lima rebu, katanya untuk anak yatim. Tetapi sayang disayang Arden sebetulnya tidak tahu apa itu anak yatim. 

Arden : Ayah minta lima ribu, buat anak yatim. Suruh bu guru.

Yes. Ini manfaat sekolah. Belajar berbagi pada sesama.

Ayah : Anak yatim itu apa den?
Arden : Enggak tauuu. Tanya aja sama bu guru.
 
 Tetapi, kalau dibiarin enggak tahu gitu. Kasih juga ih, anak-anak harus tahu apa yang dilakukannya. Setelah Arden dimintai sumbangan untuk anak yatim sama bu guru, tetapi tidak tahu apa maksudnya. Kok rasanya rada gimana gitu ya menyuruh anak tanpa penjelasan. Jadi Ayah pun menjelaskannya kepada Arden. Apa itu anak yatim…

Ayah : Enggak usah ke ibu guru buat nanya anak yatim mah...
Arden : Tapi yah... Si Yeye katanya anak yatim...
Ayah : Loh kok bisa....
Arden : Bapaknya sudah meninggal...
Ayah : Jadi anak yatim itu apa?
Arden : Anak yatim itu si Yeye...
Ayah : bukan Arden, jadi anak yatim itu kalau anak-anak yang ayahnya sudah meninggal. Sedangkan, anak 
itu belum gede.
Arden : Si Yeye atuh yah...
Ayah : Nah tahu kan anak yatim itu...
Arden : Ya tahulah ya, si Yeye, ayahnya udah mati. Dikuburin. Jadi deh anak yatim.
Ayah : Meninggal atuh Arden bukan mati...
Arden : Sama we atuh ayah. Sama-sama dikuburin...
Ayah : Ehm... Ya betul...
 

Beli Susu Jadi Beli Pisang

 
Pada suatu siang yang sedang panas-panasnya, Arden tetiba mau membeli susu. Susunya dikantongin katanya pake karesek bodas.

Arden : Ayah minta uang dong
Ayah : Buat beli apa?
Arden : Beli susu di karesek bodas.
Ayah : Jangan ih kalo dikaresek sih bikin aja sendiri terus dikaresekan.
Arden : (manyun dan mikir). Atuh ayah beli susu.
Ayah : Beli susu kotak aja ya.
Arden : ya udah atuh. Minta uangnya yah.
Ayah : Ini yah, lima rebu. Susu kotak tiga rebu. Jadi kembaliannya….
Arden : dua rebu….
Ayah : Sok atuh beli…
Arden : Makasih yah… Ayo Uta kita beli (mengajak teman karibnya)

Tidak lama kemudian, sekitar lima belas menitan lah. Apakah Arden membeli susu? Oh tentu tidak, dia 
datang membawa pisang tanpa uang kembalian.

 Arden datang dengan sedikit sedih dan berkeluh kesah.
 Arden : Ayah, susu teh habis
 Ayah : jadi beli apa kamu
 Arden : Karena susu habis di warung teh emim, Ade beli pisang
 Ayah : looohhh kok beli piisaaaang
 Arden : Kan susunya habis ya
 Ayah : Kembaliannya mana?
 Arden : karena uangnya lima rebu. Jadi beli pisangnya lima rebu.
 Ayah : (gemes pengen marah) arghhh
 Arden : Ya atuh ayah, ga papa ya. Kita bagi dua pisangnya.
 Ayah : makasih Arden (bari kesel)
 
 Makin kesel karena pisang yang dibeli bahan buat pisang goreng.

 

Sudah Bilang Sendiri Kalo Ade sakit sama Bu Guru

Arden sudah  3 hari sakit, kok rasanya was-was sekali ya. Lalu, ibunya membawa ke dokter dan ternyata sakit sariawan dan banyak bercak di rongga mulut hingga tenggorokan. Hal itu yang membuat Arden susah makan. Setelah ditangani dokter sakitnya berangsur sembuh dan paling penting dia tidak demam lagi. 

Hari senin ini dia terpaksa libur dan belum mau sekolah. Rupanya Arden masih memikirkan kalau sakit juga harus bilang ke ibu guru. Jadilah dia bangun tidur tanpa mandi dan ganti baju. Dia pergi ke sekolah yang jaraknya hanya dipisahkan oleh satu bangunan rumah. Setelah nongol di rumah, Aku pun bertanya apa yang dilakukannya ke luar rumah. Eh, rupanya dia mau permisi ke bu guru kalau sedang sakit dan tak bisa ke sekolah. 

Ayah : Dari mana kamu, sakit jangan kemana-mana
Arden : Dari sekolah yah… (muka tiis)
Ayah : Loh, ga sekolah, tapi ke sekolah?
Arden : Ade sudah bilang sama bu guru, kalau lagi sakit ga sekolah.
Ayah : Haaa? Kamu sakit kok malah ngelapor sendiri ke bu guru.
Arden : Atuh ayah, kalo Ade ga bilang lagi sakit. Gimana bu guru tau kalo Ade sakit.
Ayah : waduh…
Arden : Bu guru mah baik ya. Katanya ga papa kalo sakit ga sekolah mah…
Ayah : aneh kamu mah. Sakit malah ngelapor sendiri.
Arden : Ayah atuh yang aneh. Bukannya bilang ke bu guru kalo Ade sakit.
Ayah : duh… lieur…

Bagaimana pun anak sakit bikin pusing kepala. Apalagi kalau ibunya pergi berkerja dan hanya ayah yang menjaga. Ayah harus tahu apa yang dirasakan si anak, bagaimana makannya dan bagaimana mengobatinya. Plus, Ayah juga harus tahu kalau anak tetap memikirkan tentang sekolahnya, meski anak itu sendiri yang memutuskan untuk libur karena merasa badannya masih panas. 

Tukang Survey Gas Abal-Abal Vs Tamu

 

Arden : Ayahhhh Ada tamu…
Ayah : (lagi ngetik) siapa de….
Ayah pun melehoy ke pintu melihat dua orang laki-laki lengkap dengan nama di dadanya.

Tukang survey abal-abal (disingkat saja TSAA) : Selamat siang pak. Kami sedang mengadakan survey gas.
Ayah : Surat tugas mana?
TSAA: Saya dari konsultan ini keterangan nama perusahaan saya. 
Ayah : Surat tugas mana? 
TSAA : Kantor kami di jalan pelabuhan.
Ayah : Surat tugas bapak mana?
TSAA : Bapak menggunakan gas apa?
Ayah : 3 kg, kenapa gitu?
TSAA: Boleh kami mengecek masa kadaluarsa?
Ayah : Surat tugas bapak mana? Kalau enggak ada pergi aja.
TSAA: Kami dari…
Ayah : (mulai kesel) Kalau bukan dari pemerintah jangan ke sini pak.
TSAA : Baik kalo gitu. 
Arden : Ih ayah mah, tamu datang malah disuruh pulang. 
Ayah : Itu bukan tamu, tukang survey abal-abal.
Arden : Kalo tamu mah yah, disuruh masuk. jangan diusir.
Ayah : Bukan de, itu….
Arden : Atuh pantes ayah mah sendiri terus di rumah, tamu we di usir. 
Ayah : huhuhuhuhu…. Ayah mau nangis de…

Hikmah Dibalik Sepiring Nasi Goreng

 

Hari ini masak nasi goreng sendiri. Aku memasaknya pelan-pelan, dari proses memotong bawang sampai menuangkan garam secukupnya aku lakukan sendiri. Gampang ini mah. Pokoknya pas terasa asin dilidah cukuplah. Aku memasak karena istriku sudah pergi ke kantor sementara tak ada masakan sedikitpun tersaji.

Apa daya perut lapar dan harus memasak sendiri. Akhirnya bisa lihai memasak nasi goreng karena istri yang berkerja. Tidak harus menunggu sajiannya kalau mau makan. Ya lapar, tinggal masak enggak usah ngedumel, padahal rada mikir kumaha masaknya. Suami bisa memasak juga karena telah menikah dengan perempuan ulet. Saat istri repot dengan kerjaan seabreg, saatnya memasak dan mengepel lantai.Tak lupa menjaga anak.

Sebagai lelaki batak yang tak pernah diajarkan mengurusi isi dapur, mau tak mau belajar sendiri. Dari melihat cara istri memasak sampai melihat cara memasak via mba gugel. Ah segampang itu. Mengurus anak, ah itu sih biasa, Arden buktinya menjadi lelaki ganteng bak model yang suka jajan ke Indomaret.

Tentu saja banyak cerita dibalik bisa memasak nasi goreng ini. Lebih panjang lagi ya hikmah menikah dengan pasangan yang berkerja. Sabar, kalau sudah libur kan bisa dimasakin. Ya dimasakin sama pelayan rumah makanlah. Masa sih makan di rumah mulu.

#Ceritasuami

Enggak Mau Jadi Model

Suatu malam ketika ibu sudah tertidur pulas. Arden pernah bilang kalau, “Ade ya yah enggak mau jadi model.” Terperangah… “Tetapi Arden, kamu itu udah pinter difoto. Bagus banget.” Arden menghela nafas, begitulah dia selalu mengambil jedah untuk mencoba menjelaskan keinginannya. “Ade mau menjadi supir kereta api,” katanya dari nada tinggi ke pelan. Gantian ayah menghela nafas seperti yang Arden lakukan, “baiklah, kamu punya pilihan.” Arden menghela nafas lagi, “ya udah atuh ayah. Ade jadi model, tapi jadi supir kereta api juga.” Setelah itu tos berdua.

Seminggu Arden dititip di Cianjur kok sepi banget, tengah malam gini biasanya ngobrol-ngobrol sampai ngantuk dan ingat besok harus pergi sekolah minta jajan dua rebu.

Beli Jus Mangga Atuh Yah

Arden : Ayah apa Ade boleh beli jus mangga
Ayah : kan ada jus alpukat di kulkas
Arden : enggak sama itu mah yah. Mangga sama alpukat ga sama
Ayah : Sama sama dijus
Arden : jus mangga kan ga sama dengan jus alpukat
Ayah : sama atuh
Arden : Ya udah atuh (kebelakang ambil aqua botol di kulkas). Ade minum air putih aja kalo ga boleh beli jus mangga
Ayah : Ai kamu kan ada jus alpukat.
Arden : ga papalah yah. Minum air putih aja
Ayah : ( Jadi te tega)
Igri : Ade ga beli jus mangga?
Arden : Ga papa ade mah minum air putih aja.
Ayah : Aduh kamu ya bikin te tega.
Arden : Enak air putih juga yah. Ga papa
Ayah : Udah sana ini dua rebu beli jus mangga
Arden : Ai ayah mana ada jus dua rebu
Igri : Hahaha… atuh ayah Arden, jus mah lima rebu
Arden : Ya udah atuh minum air putih lagi
Ayah : Nah atuh… lima rebu. Kamu mah jajannya banyak pisan…
Arden : Ade mah ga papa kalo ga boleh juga beli jus mangga. Minum air putih aja…
Ayah : Ya udah sana beli jus mangga. Lima rebu na kan udah dikasih…
Arden : Atuh dua rebunya jangan diambil lagi…
Ayah : Arghhhh
Arden : Makasih ya yah…

Karunyak pisan ningali minum cai heurangna… 😅😅😅

Bapak Berpakaian Jeans yang Bau Asap Rokok, Kenapa Duduk Disebelahku?

Siang tadi, ketika langit sedang biru-birunya. Aku berjalan-jalan sejenak untuk melihat dunia luar. Tanpa Arden, Tanpa Fey ibunya Arden. Sungguh hari ini begitu segar… Hingga bapak itu datang, bapak yang entah dari mana. Mungkin dia dari neraka. Kalau kata Arden neraka itu tempat orang nakal yang bangkit dari kubur.

Bukan soal siapa bapak itu, tetapi soal bau rokok. Dia tiba-tiba duduk di sebelahku lengkap dengan jaket jeans merek tak dikenal. Singggggggg…. Edan! Bau rokok melekat di jaket jeans belel itu menusuk sampai ke dalam rongga hidung. Anjirrrr bau edan ini mah. Aku tak tahan bau rokok yang dari si bapak. Tutup hidup. Update status “Bau Asap Rokok yang mulai menyebalkan. 7 bulan tanpa rokok.” Mungkin ini sebabnya, aku sudah 7 bulan tak merokok. Sejak berkumpul dengan teman karib SMA di Medan itu, aku tak pernah lagi menjamah rokok.

Benaran, kalau sudah tak merokok baru tercium bau yang menyengat ke hidung. Apalagi bau jeans menyatu dengan asap rokok. Hapeeukkk. Pengen turun dari kendaraan umum itu, masih jauh. Enggak turun ya tahan tutup hidung. Barut ahu rasa, baunya asap rokok ya setelah tak merokok.

Sudahlah Berhenti Saja

Semenjak kelahiran Arden, aku merokok tak serapih dulu. Di rumah, aku jarang sekali merokok. Kalau pun merokok waktu disuruh ke pasar sama Fey. Selebihnya tak pernah merokok, ini karena ada Arden. Aku tak mau dia terpapar langsung asap rokok. Kebayangkan udah keluar asap dari hidup, terus dihirup si Arden. Ohhhh tidakkk! Enggak tega. Jadilah hari-hari di rumah tanpa rokok.

Januari 2017 adalah puncaknya. Selepas liburan ke Medan bersama abang yang juga sudah berhenti merokok dan reuni bersama teman. Lalu pulang ke sukabumi. Aku sudah tak pernah memegang rokok lagi. Sebatang pun belum. Tergoda beli rokok iya, tetapi tetap kutahan.

Tertahan tanpa rokok itu ya balik lagi memikirkan Arden. Rasanya kok sayang banget sama anak ya. Sayang juga beli rokok lagi. Uang untuk jajan ke Indomaret cukup menguras dompet. Ditambah rokok ya ampun.

Berhenti merokok itu enggak mudah, tetapi bisa ringan melepaskannya kalau daku memikirkan enggak mau asap rokok mengganggu kesehatan Arden. Jadi berhenti dari sekarang, daripada menyesal kemudian. Aku sudah membaca dampak asap rokok, dampak paling mudah ya mencium bauuu rokok dibaju mamang pakai jeans tadi. Edan ya bau rokok bisa menusuk hidung gitu. Kebayang dulu, bau rokok dibajuku kalau habis ngumpul bareng teman. Bau minta ampun dong.

Jadi itu tipsnya, tidak merokok demi anak. Tidak demi yang lain. Oh ada demi istri juga, biar bisa tahan bersama terus. Paling enggak, bau badan tidak bertambah bau rokok. Itu saja cukup kok.