Cerita Ayah

Untuk Apa sih Mengenalkan Lagu Anak Kepada Arden? Biar Berani Bermimpi

Saatnya, mengenalkan Lagu Anak pada anak anak kita. Satu, Dua, Tiga…Satu yang Pasti Beranilah Bermimpi… Tak Usah Dengar Mereka yang Berkata…

Sebulan ini, Arden lagi getol-getolnya menyanyikan dan menghafal lagu anak yang dinyanyikan oleh Naura. Itu loh Naura anaknya Nola B3. Tahu kan… Bolak-balik diulang sampai ingat. Tentu saja, dia belum hafal seluruhnya sampai sekarang. Tetapi ya paling enggak dimulai belajar menyetimulasikan lagu dalam ingatannya. Orang tua tinggal bertugas mengenalkan lagu anak.

Bagiku ini penting, Arden harus belajar mengingat apa yang dia dengar. Dia juga harus mengenal banyak varian lagu sejak kecil. Biar apa? Ya biar bahagia. Cuma itu kok. 

Baca cerita menarikku ini ya : Antara Pengalaman Menulis dan Squishy yang Mengalihkan Hobiku   

Tujuan lainnya Mengenalkan Lagu Anak dan Semua yang Berbau Anak Lainnya

Satu hal yang penting satu lagi, Sebagai Ayah ndak mau Arden terus terpapar lagu dewasa, film dewasa, dan semuanya berakhiran dewasa. Caranya ya kenalkan dunia anak, Film anak, dan semua yang berakhiran anak, selagi dia merasa menjadi anak-anak.

Jadi di rumah ndak ada tuh larangan dia nonton tv+youtube. Tidak ada!. Tetapi Ayah dan Ibu bergantian menjelaskan tentang apa yang dia lihat. Kalau sedang menonton berbau dinia dewasa, dia akan bertanya dan orang tua tinggal menjelaskan.

Hingga akhirnya, dia bisa membuat klasifikasi sendiri.
1. Lagu Anak
2. Film Anak
3. Mainan Anak

Yang agak sulit, tentang mainan laki-laki dan perempuan. Sekali lagi tidak ada larangan. Ketika Arden punya koleksi boneka, mungkin setidaknya 30 boneka yang dia punya di rak khusus boneka.

Untuk apa sih? Tujuannya ya demi menyemai dunia yang menyenangkan dalam usianya yang masih kecil. Ndak usah dijejali dengan yang dia ndak ngerti. Beri yang menyenangkan. termasuk memberi mainan anak. Agar dia punya kenangan indah ketika dewasa nanti.

Baca juga ini : Hari Pertama di Sekolah Alam Indonesia Cuma Salat dan Berdoa

Kan Ada Lagu Naura, Kenapa Harus Mendengarkan Lagu Via Vallen?

Jadi begini ya, Ayah Bunda, menurut Dr. Harold A.Taylor dalam bukunya “Music as a Source of Knowledge” menjelaskan anak keci itu seperti penyair alami, musisi alami, yang memiliki kemampuan nilai estetika sendiri. Anak-anak belajar menemukan kemampuan vokal sendiri dengan berekspolari melalui lagi dan musiknya.

Anak-anak akan belajar meniru suara dan membuat lagu tentang kehidupan sehari-hari, seperti binatang, alam, mainan, dan mesin. Setelah dia belajar mendengarkan lagu orang lain, tidak aneh rasanya dia seperti akan menciptakan lagu baru lainnya. Mengarang sendiri.

Itulah yang terjadi pada Arden, kerap kali minta diputarkan lagu anak, teruma lagu Naura untuk Saat ini. Setelahnya dia bernyanyi dan mulai menghafal. Kemudia, mulai deh tercipta lagu ajaib yang mungkin sulit diingat esok harinya. Dia nyanyi tapi liriknya ngarang sendiri. Kalau dipikir-pikir, dunia anak kok menyenangkan sekali ya.

Semoga ya. Mari bahagia. Beranilah bermimpi. Kenalkan lagu anak sedini mungkin.

 

Baca Artikel Menarik di link ini.

https://www.mother.ly/parenting/soh-mi-and-the-little-songs-that-are-important

3 thoughts on “Untuk Apa sih Mengenalkan Lagu Anak Kepada Arden? Biar Berani Bermimpi

  1. Susah yaa skr ini susah cari lagu anak yg bagus. Tp kalo anakku ga aku larang utk dengerin youbtube mas. Justru dr sana akhirnya aku bisa cari lagu2 anak yg bener anak2. Tp tetep kok dengan pengawasan aku dan papinya. Untungnya kalo tv anak2 ga begitu seneng. Yg aku izinin nonton juga cuma disney channel. Kalo udh channel negeri sendiri, aku larang keras. Ga ada faedahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *