Film MyGeneration : Realitas Remaja Vs Sikap Orang Tua Masa Kini

Orang tua seringkali bersikap berlebihan kepada anak yang beranjak gede. Apalagi waktu menyadarinya anaknya yang remaja mulai mengenal pacaran secara diam-diam, lebih suka menghabiskan waktu Bersama teman-teman dan enggak mau lagi dibilang anak kecil.

Anak remaja kayaknya bakal kesal kalau dilarang-larang dan seolah-olah orang tua merasa serba tahu. Padahal dunia remaja itu adalah masa inisiasi kehidupan masa dewasa, penyesuaian diri, dan mulai mencoba banyak hal yang belum diketahui sebelumnya.

Apakah bijak kalau orang tua terus saja membatasi dunia remaja yang jiwanya begitu bergelora, Lagian, orang tua kayak enggak pernah melewati masa yang sama saja, kayak anak remajanya. Nah persoalan dunia remaja versus orang tua ini dicoba diangkat ke layer lebar dengan judul MyGeneration yang ditayangkan pada tanggal 9 November 2017.

Dari trailer yang dikeluarkan pada tanggal 10 Oktober 2017 lalu, film ini menceritakan kehidupan persahabatan empat orang remaja bernama, Zeke, Konji, Suki dan Orly. Sang Sutradara, Upi mencoba menggambarkan realitas anak zaman millenial (gen Z) yang kritis, kreatif, open minded, dan mereka tak suka dengan aturan yang terlalu mengikat.

Film MyGeneration ini kabarnya bakal berbeda, kalau film bertema remaja sering menyoal dari sisi perilaku anak remaja, sedangkan film MyGeneration mempertanyakan dari sisi perilaku orang tuanya. Apa sih yang ingin diinginkan orang tua sebenarnya dari anak remajanya?  Kalau dari promo filmnya, ada beberapa hal yang ingin ditunjukkan Upi di film ini, yang mungkin dapat membuat orang tua berpikir ulang bagaimana cara menghadapi tingkah polah remaja masa kini.

Mempertanyakan Sikap Orang tua Kepada Anaknya

Film ini mencoba menunjukkan kalau orang tua tak sepenuhnya benar. Orang tua juga perlu mengevaluasi sikap mereka kepada anaknya. Sebenarnya, orang tua sudah bisa membimbing anaknya dengan benar enggak sih?

Apa orang tua hanya berkutat atas dengan nilai kebenarannya sendiri? Padahal ya, kalau orang tua mau peduli sama anak remaja, ya cobalah memahami dunia remaja, dan bisa open minded. Bukan Cuma memandang dunia ini serba hitam dan putih, dan langsung menyodorkan neraka atau surge kepada anak-anaknya.

Ayolah orang tua, Jadikan Anak Sebagai Subjek. Mereka Bukan Objek Semata

Film MyGeneration ingin mengajak orang tua lebih peduli dan memandang anak sebagai subyek. Orang tua sering menjejali anaknya dengan dogma dan terus mendikte apa yang harus dilakukan si anak. Tetapi enggak pernah tahu apa yang sedang dipelajari si anak dan apa yang dinginkan mereka. Anak hanya dijejali semua hal dari sudut pandang orang tua. Anak tentu bukan objek semata. Sehingga apa yang dilakukan anak selalu dianggap salah.

Wahai Orang Tua, Tetaplah Menjadi Manusia

Orang tua seringkali menghadapi anaknya bak Tuhan yang memiliki hak untuk menentukan apa yang dilakukan anak bakal masuk neraka atau surga. Salah sedikit masuk neraka. Padahal udah jelas, anak adalah manusia yang pasti berbuat kesalahan. Anak bukanlah malaikat yang dilahirkan suci. Tanpa nafsu.

Film yang dibintangi  oleh Bryan (Zeke), Alexandra Kosasie (Orly), Lutesha (Suki), dan Arya Vasco (Konji) ini divisualisasikan dengan agak berani dan mencoba menunjukkan realitas remaja yang terjadi saat ini. Bagaimana ya bisa seperti itu? Apa yang terjadi dengan anak remaja saat ini? Orang tua harus menonton film ini agar menyadari realitas yang terjadi pada anak remaja.

Film ini pantas diperhitungkan, Sutradara dan penulis scenario, Upi sudah dikenal dengan film yahud yang oke punya untuk ditonton seperti Realita Cinta dan Rock & ROLL, 30 Hari Mencari Cinta, dan My Stupid Boss. Secara garis besar, bagi kamu-kamu anak muda dan para orang tua yang punya anak berjiwa muda marilah kemari tonton film ini. Film ini mengajak pembaca berfikir positif tentang pendidikan anak di era millenial dan open minded terhadap perubahan realitas  prilaku yang terjadi.

Profil singkat film “My Generation”
Sutradara dan penulis skenario: Upi Avianto (film-film karyanya : Realita Cinta dan Rock & ROLL, 30 Hari Mencari Cinta, My Stupid Boss
Produksi : IFI Cinema
Pemain utama : Bryan, Alexandra Kosasie, Lutesha, dan Arya Vasco, juga dibintangi oleh Tyo Pakusadewao, Ira Wibowo, Surya Saputra, Joko Anwar, Indah Kalalo, Karina Suwandhi, dan Aida Nurmala.
Tayang : 9 November 2017

12 thoughts on “Film MyGeneration : Realitas Remaja Vs Sikap Orang Tua Masa Kini

    1. semoga filmnya bagus dan bisa menjadi gambaran orang tua dan muda mudi tentang kehidupan jaman sekarang

    1. film yang ditunggu dan menimbulkan pro kontra sebelum tayang. semoga menjadi pembuka mata bagi yang menontonnya, bahwa dunia remaja harus dimengerti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *