Cerita Ayah

Mengajarkan Arden Tentang Identitas Berbeda

Kesinisan terhadap identitas berbeda tampaknya terbiasa muncul, bahkan pada keseharian anak sekecil Arden. Seperti yang terjadi ketika Arden membeli kue ulang tahun. Teteh penjual kuenya bertanya.

Teteh : Nama di kue mau ditulis siapa?
Arden : Arden Harahap (suara lantang rada cadel huruf R).
Teteh : Apa? Arden Arab
Ayah : Arden Harahap, teh…
Teteh : Arden Harapan?
Ayah : (ngedumel dalam hati) HA RA HAP
Teteh : Oh Harahaaapp (sambil nyengir, setelah itu tertawa).

Baca juga : Waktunya 6 Tahun Berlalu, Selamat Ulang Tahun Arden

Males nanggapin tawa itu dan berusaha maklum, mereka mungkin tak mengira anak kecil berlogat sunda itu adalah orang batak. Bayar kue yang dibeli dan berupaya tampak biasa-biasa saja dari dialami tadi.

Tetapi, kejadian itu tidak sekali saja, setiap kali nama Marga Harahap berbunyi di ruang publik. Maka, begitu banyak orang menatap seperti heran.

Maka, dari rumah kami mengajarkan kepada Arden harus tahu kalau dia memiliki identitas berbeda, biar tidak aneh ketika melihat kejadian yang sama suatu saat nanti. Arden tahu betul kalau dia orang batak-sunda dan teman-temannya tidak memiliki identitas campuran seperti dirinya.

Mengajari Tentang Identitas berbeda Sejak Kecil

Kami beritahu padanya, kalau tidak ada persoalan tentang identitasnya. Semua akan baik-baik saja kalau bisa berkawan dengan baik dengan orang lain. Jika orang melihat identitas berbeda, biarkan itu menjadi urusan orang lain itu.

Identitas menjadi penting diajarkan sejak kecil buat Arden, termasuk dari sisi Agama. Meski hidup di lingkungan yang beragama Islam. Arden sudah tahu ada agama yang berbeda di luar sana. Berbeda tidak hanya dari nama agamanya saja, termasuk dari ibadahnya dan kepercayaan terhadap ketuhanan.

Cara mengajarinya dengan mengajaknya bercerita, tentang apa yang pernah dilihatnya dan apa yang ditanyanya. Misal kenapa ada pohon natal dan apa makna dari keberadaan pohon itu. Dijelasin juga kalau Agama Kristen beribadahnya ke gereja bukan ke masjid seperti agama Islam.

Baca juga : Kamu mau Sekolah SD Dimana?

Harapan besarnya dari semua yang diajarkan kepada Arden, agar dia dapat memahami kalau ada saja perbedaan dalam kehidupan dan tidak mudah memusuhi orang lain karena sesuatu yang tidak sama dengan dirinya. Semoga anak kecil ini semakin mengerti seiring bertambah usianya.

1 thought on “Mengajarkan Arden Tentang Identitas Berbeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *