Anak yang Lahir dari Perbedaan

Jadi Nak, kau itu lahir dengan 2 identitas. Margamu sangat jelas menunjukkan dikau batak dari garis ayah, identitas pertama. Sedangkan, identitas kedua dari ibumu dengan suku sunda. Bahasa sehari-harimu itu loh, dikau sudah mulai pinter berbahasa Sunda. “Bade botram ayah diimah Putra,” suatu kali katamu waktu kutanya kenapa bawa-bawa piring ke luar rumah.

Arden yang masih kecil, suatu saat nanti kau akan tahu pentingnya marga yang tersemat di nama dan menjadi identitasmu. Suatu saat pula, kau akan tahu penting jua menggunakan bahasa sunda di tanah priangan ini. Dua identitas itu akan membantumu berbaur bersama yang lain, dengan banyak orang berbeda.

Wahai si batak kecil yang berbahasa Sunda besyukurlah kau lahir dalam dua suku berbeda. Kelak kau akan mengerti begitu banyak perbedaan di negeri ini. Aku selalu berdoa kau diberi kesempatan mengenal banyak keberagaman di negeri ini. Agar matamu dan pikiranmu jauh lebih terbuka tentang perbedaan.

Oh ya satu lagi, Agamamu dengan segala pemahamanmu nanti pasti akan berbeda dengan orang lain. Aku mewanti-wanti sisi agama ini tidak membuatmu merasa paling oke diantara agama lainnya. Semua akan berbeda Arden. Tak ada yang sama di dunia ini.

#KamuPancasila #AkuPancasila #KitaPancasila

spacer

Leave a reply