Cerita Arden

Tips Perjalanan Kereta Api yang Kusuka, Tidak Peduli Ayah dan Ibu Suka Atau Tidak

Perjalanan kereta api menyenangkan bagi anak saya. Pokoknya kalau mau ke rumah Enin (nenek) ya, naik kereta api. Rumah kami berada di Sukabumi dan neneknya di Cianjur.

Kedua kabupaten yang tidak terlampau jauh ini ya dihubungkan oleh kereta api oleh Arden. Tetapi tak jarang hubungan Ayah dan Ibu dijauhkan oleh Arden karena soal moda transportasi ini.

Ibu : Kita mau ke Enin, antar jualan baju ate.

Arden : Naik kereta api ya bu.

Ayah : Naik bus aja, kita kan lebih dekat ke terminal.

Arden : Tetapi Yah, stasiun kereta api kan lebih dekat ke rumah Enin.

Ibu : Ya udah naik kereta api.

Arden : Yeeee… Ibu mah baik, yah mah enggak.

Masalahnya, kalau mau naiknya dari Kabupaten Sukabumi ke stasiun Kota Sukabumi itu bisa memakan waktu satu jam. Belum lagi, kalau sampai stasiun tiket habis. Tiket Sukabumi-Cianjur harus dibeli secara langsung alias go show.

Kalau telat sedikit saja, ya jadinya apes tidak kebagian tiket kereta. Apakah Arden mau mengerti soal itu? Ya tidak. Baginya yang penting kita naik kereta kerumah Enin.

Nilai lebih perjalanan kereta api Sukabumi-Cianjur atau sebaliknya adalah ongkosnya murah banget loh, hanya tiga ribu rupiah. Ya elah pakai uang lima ribu juga masih ada kembaliannya. Enggak pakai nyesal lagi.

Apalagi kereta api jaman sekarang itu berkualitas lokal rasa bisnis. Alat transportasi ini sudah dilengkapi dengan AC siapa yang enggak bahagia ya. Di rumah aja kita kalau panas pakainya kipas angin. Kalau kipas angina rusak ya pakai kipas geber. Kipas pakai Hihid (alat penyejuk ala orang sunda).

Masalahnya, Arden tidak selamanya betah juga di kereta api kalau sedang tamasya ke rumah nenek ada kalanya dia ngeselin. Sebagai orang tua ingin rasanya mengembalikan ke perut ibunya. Dia bisa mewek sepanjang jalan penuh kenangan.

Kalau sudah begini, ya, harus ada tips untuk membuat anak tenang selama perjalanan. Tips Membuat Arden Bahagia Selama perjalanan Menuju Rumah Nenek.

Cerita Menarik Lainnya : Hati Hati Penipuan Survey Gas ke Rumah Anda

Sebelum Naik Kereta Api, Janan Lupa Membeli Makanan

Perjelanan Kereta Api dengan Gembira
Perjelanan Kereta Api dengan Gembira

Sebagai anak kecil, anak sering tidak bisa diprediksi. Dia bisa saja tiba-tiba kelaparan dan kehausan selama perjalanan. Kalau sudah begitu tips ampuhnya biar anak kelapara, ya beli makanan dan minuman dulu.

Ada sih penjual makanan. Tetapi ya itu, harganya mahal. Kalau beli Pop Mie di warung Cuma lima ribuan. Ya Beli di kereta api, bisa sepuluh ribuan. Penumpang terkadang tidak bisa memilih rasa yang diinginkan pula.

Kencinglah Sebelum Naik, Daripada Kencing di Kereta

Arden sering disuruh kencing dulu sebelum naik kereta. Tujuannya ya supaya dia tidak minta kencing di toilet kereta. Saya termasuk malas mengantarnya, karena Lorong kereta kan sempit, sementara saya gemuk.

Selain itu, WC-nya itu lebih bau. Kalau dibilang bersih ya sudah pasti. Kereta api jaman sekarang dijaman aman kebersihannya. Tetapi masalah bau itu, ya dijamin bikin menyengat ke hidung. Bau pesing dan kotoran manusia itu bikin enggak-enggak level. Enggak-enggak kuat.

Cerita menarik lainnya : Anak Kecil Menjadi Youtuber? Kenapa Enggak

Sediakan Game Di Handphonemu Wahai Ayah dan Bunda

Arden termasuk anak kekinian, dia gemar bermain handphone, dengan catatan. Dia tidak boleh membuka video selain film anak-anak. Pemakaiannya pun selalu dalam pengawasan orang tua. Nah, kalau sudah begitu, ya sediakan saja game di dalam handphone.

Arden biasanya lebih tenang kalau sudah ada games di handphone-nya selama perjalanan kereta api. Baiknya anak ini adalah dia tahu waktunya kapan lelah dengan gadget. Di rumah juga dia tidak sering-sering amat main handphone. Soalnya ya mainnya diteblet miliknya sendiri. Hehehe.

Tips Terakhir Perjalanan Kereta Api Terakhir, Ya Berdoa

Sebagai orang tua, saya selalu mendoakan anak saya menjadi anak yang baik kepada saya dan orang sekitar. Sebelum naik mengucapkan bismillah dan mengucapkan dalam hati, Ya Tuhan lancarkan perjalananku dan tenteramkan anakku selama perjalanan.

Doa ini biasanya ampuh sekali. Ya iya ampun, saya sudah menyediakan makanan, sudah menyuruh kencing, boleh main handphone pula. Kalau anak masih rewel ya tak jewer. Dia paling mengadu sama neneknya, kalau dimarahi selama perjalanan.

Ya demikian tips perjalana kereta api. Arden suka sekali kereta api. Tidak peduli Ayah dan ibu suka atau tidak.

 

3 thoughts on “Tips Perjalanan Kereta Api yang Kusuka, Tidak Peduli Ayah dan Ibu Suka Atau Tidak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *