Cerita Arden, Uncategorized

Lima Ribu untuk Anak Yatim

Suatu kali menjelang Pergi sekolah, Arden meminta lima ribu. Uang itu katanya untuk anak yatim. Ibu guru yang menyuruhnya membawa uang lima ribu. Tetapi sayang disayang, Arden sebenarnya belum mengerti apa itu anak yatim. Pokoknya disuruh bawa uang sama ibu guru, ya bawa saja.

 

Arden : Ayah minta lima ribu, buat anak yatim. Suruh bu guru.

Ayah : Anak yatim itu apa den?

Arden : Enggak tahuuu. Tanya aja sama bu guru…

Cerita menarik lainnya : Ayah Aja yang Jadi Sapi Hasmilk

Apa sih Anak Yatim? Kenapa Harus Dikasih Lima Ribu?

Lima ribu untuk Anak yatim. pixabay.com
Lima ribu untuk Anak yatim. pixabay.com

Sayang sekali kalau anak diajarkan untuk berbuat kebaikan, tetapi ibu guru tidak memberi pengertian tentang anak yatim. Lalu, si anak juga tidak tahu kenapa harus memberi uang kepada anak yatim. Menurutku, ya beritahu dulu dong si anak pengertian.

Kalau dibiarkan tidak tahu dengan perbuatan baik tersebut. Kalau sudah begitu ya, Ayah membantu menjelaskan apa sih sebenrnya anak yatim. Kebetulan Arden mengetahui kalau salah satu temannya anak yatim. Tetapi pemahamannya belum baik siapa sebenarnya yang disebut anak yatim.

 

Ayah : Enggak usah ke ibu guru buat nanya anak yatim mah.

Arden : Tetapi Ayah… Si Yeye katanya anak yatim.

Ayah : Loh kok bisa.

Arden : Bapaknya sudah meninggal…

Ayah : Jadi anak yatim itu apa?

Arden : Anak yatim itu si Yeye.

Ayah : Iya, kok dia disebut anak yatim.

Arden : Mungkin namanya Yeye Yatim.

Ayah : Hm… Bukan Arden. Anak yatim itu kalau anak-anak yang ayahnya sudah meninggal. Sedangkan, anak itu belum dewasa atau belum bisa cari duit sendiri. Jadi dia masih butuh Ayah sebagai pencari uang.

Arden : Si Yeye atuh yah.

Ayah : Iya, jadi setelah Ayahnya meninggal. Ibunya saja yang mencari uang.

Arden : Ohhhh (tanda mulai mencoba memahami perkataan Ayahnya)

Ayah : Nah tahu kan anak yatim itu…

Arden : Ya tahulah ya, si Yeye, ayahnya udah mati. Dikuburin. Jadi deh anak yatim.

Ayah : Meninggal atuh Arden bukan mati.

Arden : Sama we atuh ayah. Sama-sama dikuburin.

Ayah : Ehm… Ya betul. Tetapi lain kali, bilangnya Ayahnya sudah meninggal, bukan mati.

Baca Juga : Tapi kan Ayah, Katanya Anak Nakal Masuk Neraka

Kalau sudah diberi pengertian kan. Anak sudah mengerti kepada siapa sebutan yatim disematkan. Anak juga bisa diberi pengertian kenapa ia memberi uang kepada anak yatim. Kalau tiba-tiba disuruh memberi uang tanpa mengerti kan rasanya kok enggak pas ya. Buktinya diberi sedikit pengertian, Arden mulai mengerti tentang anak yatim.

 

5 thoughts on “Lima Ribu untuk Anak Yatim

  1. Banyak kosa kata baru yang harus dipahami anak… sebagai orang tua kudu sabar menjelaskan :D. Kadang keceplosan juga, kebiasaan ngomong sama orang dewasa, jadi pake kata2 sulit. hehe

  2. Beneeer. Harusnya guru jelasin dulu yaaa apa itu pengertian anak yatim. Anakku juga kalo aku surih ngelakuin sesuatu yg dia ga ngerti, pasti nanya dulu, “kenapa mami? “. Kenapa harus begitu, kenapa hrs begini. Gimana kalo dia nolak ngerjain, hahahaha.. Anak skr lbh kritis.. Jd akunya jg hrs siap ama semua pertanyaan yg mungkin gurunya lupa jelasin :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *