Cerita Arden

Arden Membeli Permen Narkoba

Saat matahari sedang sedih-sedihnya, Arden pulang membawa jajanan tetapi bukan permen narkoba. Rupanya uang Rp2.000 telah berganti permen. Arden sendiri kayaknya belum ngerti mana permen apa yang dibelinya.

Yang penting manis dan nyam-nyam dimulut ya syudah. Perkara dimulai kalau Arden ketahuan makan permen murahan yang menurut ibunya enggak boleh dimakan. Hal yang aneh hari ini waktu membawa permen pulang, dia malah ngomongin permen narkoba.

Arden : Ayahhh ade beli permeeennn
Ayah : beli permen apa?
Arden : Permen ini yah (bisik-bisik jangan ketahuan ibu)
Ayah : Permen apa itu Arden…
Ibu : Beli permen murahan kamu yaaa
Arden : Enggak ibu… ( Permen disumputin ke belakang)
Arden : Enggak ibu enggak permen narkoba…
Ayah : ( Mau ketawa) kamu beli di mana?
Arden : Bukan ayah bukan permen narkoba
Ibu : Coba ibu lihat…
Arden : Harganya seribuan bu. Bukan narkoba…
Ayah : Emang permen yang gimana…
Arden : Permen yang murah tea atuh ayah, serebu ge dapat sapuluh.
Ayah : Hiii… itu sih permen murahan, bukan narkoba
Arden : Tuh kan ibu, bukan permen narkoba…
Ibu : Jangan beli permen kayak gini lagi… enggak sehat.
Arden : Iya, Ade tahu ga sehat.

Memperhatikan jajanan anak, Bukan Permen Narkoba

Ada saja memang kelakuan anak kecil. Kalau tidak diperhatikan, dia akan membeli makanan yang tidak sehat. Apalagi bentuk makanan atau jajanannya berbentuk permen. Yang penting manis, maka anak akan membelinya.

Soal permen, ibu Arden memang sangat hati-hati. Bukan soal itu narkoba atau bukan, tetapi kandungan dalam permen yang tidak jelas. Kalau mengganggu kesehatan anak kan bahaya.

Di dekat sekolah PAUD Arden, ada warung yang menjual makanan murah. Harganya mungkin disesuaikan dengan kantong anak PAUD. Kalau sudah begini orang tua tentu susah mengontrol jajan anak di sekolahnya.

Ia bisa membeli apa saja. Kalau dilarang membawa uang jajan. Anak akan menangis dan makin ruwet kalau makin ogah untuk pergi ke sekolah.

Cara yang paling ampuh ya mengingatkan Arden untuk tidak jajan permen sembarangan. Ayah dan Ibu sering bertanya apa yang dibelinya di sekolah PAUD. Arden juga diingatkan lebih baik makan jajanan yang sudah ada di rumah. Makanan yang sengaja dibeli kalau sewaktu-waktu Arden ingin memakannya.

5 thoughts on “Arden Membeli Permen Narkoba

    1. Lingkungan sekolah Arden berbeda, anak-anaknya terbiasa jajan. Cara ampuhnya ya mengajarkan Arden untuk memilih jajanan. Kalau enggak jajan sama sekali, kasihan juga lihat anaknya, sementara teman-teman lain jajan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *