Aku Sudah Besar Yah, Mau Mandi Sendiri

Hidup itu terus membesar, itulah yang dipikirkan anak kecil umur lima tahun. Beberapa hari ini sudah enggak mau dimandiin sama ayah lagi. Kalau disuruh mandi, Arden membuka bajunya dan pergi ke kamar mandi sendiri. Sudah enggak perlu digiring lagi, Kalau dia merasa mau mandi ya akan segera ke kamar mandi.  Kayaknya dia mulai mikir orang di rumah pada mandi sendiri, kenapa dia harus dimandiin emak dan ayahnya. Syukurlah kalo sudah mau mandi sendiri, sudah enggak ada drama dipaksa mandi lagi.

Arden sudah mulai besar dan mau mandi sendiri
Arden sudah besar

Ibu : Ayah, tolong mandiin Ardeeen….
Ayah : Ayo, kita mandi.
Arden : Enggak mau Ayah, enggak mau. Ade bukan anak kecil. mau mandi sendiri.
Ayah : Ih meuni ga mau dimandiin lagi.
Arden : Iya atuh ayah, udah besar Ade mah, enggak mau dimandiin lagi
Ayah : Ayah mandiin ajalah…
Arden : Enggak mau. Emang ayah mau dimandiin orang.
Ayah : Ya enggak lah, emang ayah anak kecil.
Arden : Itu ayah tahu, anak besar enggak dimandiin lagi.
Ayah : Tapi kan kamu…
Arden : Kalo ayah mau mandiin Ade, Ade juga mandiin ayah. Mau?
Ayah : Waduh, ya enggaklah…

Kalau ilihat dari website dancow, Ada beberapa  manfaat ketika anak mulai mandi sendiri berdasarkan jurnal Psikologi Perkembangan yang ditulis oleh Ernawulan Syaodih dan karya ilmiah Memahami Perilaku Kemandirian Anak Usia Dini dari Ahmad Susanto. Inilah dia manfaat anak mandi sendiri.

  • Melatih motorik. Mandi sendiri adalah Cara melatih motorik kasar anak. Anak menjadi lebih aktif menggunakan tangan untuk menggapai bagian tubuh yang harus dibersihkan. Anak juga belajar bagaimana membuat tubuhnya bersih.
  • Meningkatkan rasa percaya diri. Mandi sendiri membuat anak semakin rasa percaya diri, karena mulai bisa melakukan beberapa kegiatan sendiri. Enggak perlu lagi bantuan ayah dan ibu. Anak akan bangga sekali ketika dia melakukan banyak hal sendiri.
  • Melatih kemandirian. Mandi sendiri dapat melatih si kecil menjadi mandiri, terutama dalam bersih-bersih badannya sendiri.
  • Membuat anak cinta kebersihan. Mandi sendiri bisa mendidik anak untuk melatih kebersihan sejak dini. Anak akan tahu kalau penting sekali membuat badannya tetap bersih dengan mandi sendiri.

Baca juga : Sudah Bilang Sendiri Kalo Ade sakit sama Bu Guru

Nah Ayah dan bunda, anaknya sudah bisa mandi sendiri, belum? Arden biasanya mandi sebelum pukul 08.00 sesuai waktu jam sekolahnya, termasuk hari libur pun mandi di jam yang sama. Agar kegiatan mandinya jauh lebih menyenangkan, ibunya menyediakan banyak permainan di kamar mandi. Jadi anak mandi dengan suasana yang menyenangkan. Enggak jarang juga, kelamaan mainnya dari pada mandinya. Yang penting anak sudah mulai bisa belajar mandi sendiri dan enggak ada tangis-menangis lagi sebelum mandi.

16 thoughts on “Aku Sudah Besar Yah, Mau Mandi Sendiri

  1. Senang baca kisahnya. Jadi ingat anak waktu kecil dan senang sekali waktu dengar dia mau mandi sendiri. Mana percakapannya lucu banget lagi. Sehat selalu ya, Ade. Ayah dan Bunda-nya juga sehat semuanya. Berkat berlimpah untuk kalian sekeluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *