Pantai Kuta Lombok, Ombak Penyuka Sepatu dan Pasir Merica

Menikmati waktu berlibur diantara waktu senggang kesibukan bekerja adalah kenikmatan sendiri. Apalagi Kalau perginya bisa bersama teman-teman, jadi liburannya enggak kesepian. Apalagi kesempatan bertamasya itu ketika sedang berada di Lombok. Alamak, siapa pula yang tak nafsu untuk menikmati keindahan pantainya. Awalnya, tujuan perjalanan bersama tiga orang teman lainnya ingin menuju Pantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat. “Kapan lagi kita ke pantai, mumpung sedang di Lombok, kita harus ke Senggigi,” kata temanku waktu itu. Karena tidak tahu berapa jauh jarak hotel ke Senggigi, kami pun bertanya kepada resepsionis Hotel, bahwa Senggigi tidak terlampau jauh dari Hotel Giri, Kota Mataram.

Read more

Film MyGeneration : Realitas Remaja Vs Sikap Orang Tua Masa Kini

Orang tua seringkali bersikap berlebihan kepada anak yang beranjak gede. Apalagi waktu menyadarinya anaknya yang remaja mulai mengenal pacaran secara diam-diam, lebih suka menghabiskan waktu Bersama teman-teman dan enggak mau lagi dibilang anak kecil.

Anak remaja kayaknya bakal kesal kalau dilarang-larang dan seolah-olah orang tua merasa serba tahu. Padahal dunia remaja itu adalah masa inisiasi kehidupan masa dewasa, penyesuaian diri, dan mulai mencoba banyak hal yang belum diketahui sebelumnya.

Read more

Ketika Anak Tidak Mau Sekolah, Ya Ampuuuunnn

Hari ini Rabu, Arden merayakan libur sekolah untuk dirinya sendiri. Dia tidak mau sekolah. “Apakah kamu Lelah, nak,” Arden menggeleng. Dia tetap diam membisu. Ke dapur aku sebentar mengambil air. Arden tetap diam dan rupanya dia tertidur. Anak kecil ini mungkin lelah menangis karena keukeuh tidak mau sekolah.

Setelah disidik melalui ibunya, Arden enggak mau sekolah karena teman karibnya bermain sepeda juga tidak sekolah. Sepeda itu milik Arden, tetapi acapkali temannya yang memainkannya. Arden sih jadi tukang dorong dan lari-lari mengejar kawannya yang mengayuh sepeda dengan kencang.

Read more

Tips Bermedsos Ala KPAI, Hsss Jangan Sampai Bercerai Ya

Media sosial, siapa sih yang tidak punya? Dari Facebook, Instagram, Twitter, Path, pokoknya banyak lagi. Coba deh cek handphone anda, medsos apa saja yang terinstall disana, bisa jadi lebih dari satu. KPAI baru-baru ini mengabarkan kabar tak baik soal kebiasaan bermedsos dan cukup memprihatinkan, yaitu sebagai penyebab meningkatnya angka perceraian.

Read more

Jangan Ragu Minta Maaf Wahai Ayah

Hari minggu (8/10) yang cerah ini, selepas melihat-lihat baju Bersama Arden di Yogya Supermarket, kami pun melepas rasa lapar dengan makan. Makan secukupnya saja, Ice cream, Es Oyen, Mie Baso, Nasi Timbel, dan air putih merk Aqua. Makan lahap sekali, ayah tak mau kalah lahapya, sampai makanan Arden pun hendak dihabisi sekalian. Untung Arden jauh lebih sigap, melindungi makanannya.

Read more

Ketika Anak Mulai Belajar Mengeja

Hasil dari sekolah PAUD selain bermain, menyanyi, melukis, ternyata juga membaca. Arden mulai belajar membaca tertatih-tatih. Ia sudah mengenal huruf demi huruf dan mencoba mengeja kata demi kata. Belum semua huruf dikenalnya, termasuk  huruf Q dan X, soalnya belum berguna sih. Coba sebuatkan 10 kata indonesia dengan huruf Q dan X. Hayo jawab nanti dikasih sepeda sama Pak Presiden…

Read more

Ganteng Harus Maksimal, Nak

Aku ingin anakku menjadi model. Tetapi sayangnya dia masih ingin menjadi masinis. Arden belum mengubah pendiriannya soal cita-cita. Ya tau deh yang sering bolak balik naik kereta Cianjur-Sukabumi. Kalau ngomongin masinis kayak yang udah ngerti banget. “Tahu enggak ya, masinis pinter markirin kereta,” katanya suatu kali. Ya iyalah, udah ada jalur keretanya.

 

 

Meski Arden enggak mau menjadi model, tetapi padu padan pakaian adalah hobi ayah ibu biar wahai Arden tetap ganteng maksimal. Seganteng aku, ayahmu. Kau harus ganteng dari kecil. Agar kau punya selera berpakaian yang bagus hingga besar. Kalau perlu, kau kenakan saja itu baju baru setiap hari.  Biar kegantengan menyatu dalam dirimu.

Baca juga : Enggak Mau Jadi Model

Sabtu siang, mumpung semuanya libur. Arden libur sekolah. Ibu tidak ada kegiatan pendampingan. Ayah yang memang belum ada jadwal kerjaan baru. Semua dengan satu pendapat berniat pergi ke kota, pergi ke mall untuk membeli pakaian baru. Sejujurnya, ibu dan ayah paling senang bagian membeli pakaian, heboh berdua memilih pakaian untuk Arden. Arden tentu ikut memilih pakaiannya sendiri dan olalala, ada kaos syantik dengan desain Papa Smurf yang gambarnya oke punya. “Bagus ya yah,” kata istriku. Sedangkan Arden, dia udah enggak sabar, enggak sabar ke arena permainan. Ayah dan ibu tentu saja sibuk membayangkan anak semata wayang bakal ganteng banget mengenakan kaos Papa Smurf.

Read more

Anak Korban Kekerasan, Laporkan ke KPAI

Baru kemarin, seorang teman dari sabumi volunteer menanyakan bagaimana cara pengaduan kasus anak yang ditelantarkan orang tua ke KPAI. Kabar kondisi anaknya ada di link berikut ini Ahmad Sofyan Korban Penelantaran Anak (sabumiku.com). Saya tentu saja bingung, bagaimana ya caranya mengadu ke KPAI? Sedangkan apa itu Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), saya tidak tahu. Yang jelas sering banget mendengar tentang KPAI dari berbagai media ketika ada kasus terkait dengan kekerasan anak.

Read more

Enam Macam yang Kau Perlu Tahu Kalau ke Kota Medan

Apa kau sudah pernah ke Kota Medan. Apa pula bayanganmu tentang Kota itu. Jangan-jangan kau kiranya Medan itu isinya Cuma orang batak saja. Biar kau tahu ya, Kota Medan itu menjadi Kota ke tiga paling besar di Indonesia setelah Surabaya. Jadi pengen tahu aku kayak mana besarnya kota Surabaya itu. Kota Medan dikenal pula menjadi tempat asal muasal kerajaan Deli. Tetapi, bukan Cuma itu sajanya yang harus kau tahu soal kota Medan. Mari Simak penjelasan di bawah ini.

Read more

Ke Makassar, Jangan Lupa Datang Ke Benteng Fort Rotterdam

Bulan Juli lalu, kesempatan emas datang, aku berkunjung ke Makassar lagi. Kalau biasanya, jalan-jalannya kuliner dan nongkrong di pinggir Losari, Kali ini seorang teman merekomendasikan melihat Benteng Fort Rotterdam, “Masa ke Makassar enggak pernah ke sana.” Karena enggak pernah ngeh apa istimewanya benteng ini, jadilah cari-cari informasi di internet bagaimana biar bisa sampai ke sana. Cek demi cek, lokasinya  Jalan Ujung Pandang No.02, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jaraknya ternyata 19,2 km dari bandara, atau memakan waktu 25 menit menuju ke sana.

Read more