Film MyGeneration : Realitas Remaja Vs Sikap Orang Tua Masa Kini

Orang tua seringkali bersikap berlebihan kepada anak yang beranjak gede. Apalagi waktu menyadarinya anaknya yang remaja mulai mengenal pacaran secara diam-diam, lebih suka menghabiskan waktu Bersama teman-teman dan enggak mau lagi dibilang anak kecil. Anak remaja kayaknya bakal kesal kalau dilarang-larang dan seolah-olah orang tua merasa serba tahu. Padahal dunia remaja itu adalah masa inisiasi kehidupan masa dewasa, penyesuaian diri, dan mulai mencoba banyak hal yang belum diketahui sebelumnya.

Read more

Aku Sudah Besar Yah, Mau Mandi Sendiri

Hidup itu terus membesar, itulah yang dipikirkan anak kecil umur lima tahun. Beberapa hari ini sudah enggak mau dimandiin sama ayah lagi. Kalau disuruh mandi, Arden membuka bajunya dan pergi ke kamar mandi sendiri. Sudah enggak perlu digiring lagi, Kalau dia merasa mau mandi ya akan segera ke kamar mandi.  Kayaknya dia mulai mikir orang di rumah pada mandi sendiri, kenapa dia harus dimandiin emak dan ayahnya. Syukurlah kalo sudah mau mandi sendiri, sudah enggak ada drama dipaksa mandi lagi.

Read more

Masjid Pinky : Laporan Lomba Mewarnai

Akhirnya, Arden mengikuti lomba pertamanya dari sekolah PAUD-nya. Semenjak ada lomba bersama anak PAUD lainnya, ayah dan ibu langsung semangat menanyakan Arden lomba apa yang ingin diikutinya. “Mewarnai bu,” kami setuju, karena memang itu yang dia ikuti saat ini. Mau disaranin lomba momodelan belum pernah jalan dipanggung memeragakan busana. Kalau foto model doang sih biasa.

Read more

Ketika Anak Tidak Mau Sekolah, Ya Ampuuuunnn

Hari ini Rabu, Arden merayakan libur sekolah untuk dirinya sendiri. Dia tidak mau sekolah. “Apakah kamu Lelah, nak,” Arden menggeleng. Dia tetap diam membisu. Ke dapur aku sebentar mengambil air. Arden tetap diam dan rupanya dia tertidur. Anak kecil ini mungkin lelah menangis karena keukeuh tidak mau sekolah.

Setelah disidik melalui ibunya, Arden enggak mau sekolah karena teman karibnya bermain sepeda juga tidak sekolah. Sepeda itu milik Arden, tetapi acapkali temannya yang memainkannya. Arden sih jadi tukang dorong dan lari-lari mengejar kawannya yang mengayuh sepeda dengan kencang.

Read more

Tips Bermedsos Ala KPAI, Hsss Jangan Sampai Bercerai Ya

Media sosial, siapa sih yang tidak punya? Dari Facebook, Instagram, Twitter, Path, pokoknya banyak lagi. Coba deh cek handphone anda, medsos apa saja yang terinstall disana, bisa jadi lebih dari satu. KPAI baru-baru ini mengabarkan kabar tak baik soal kebiasaan bermedsos dan cukup memprihatinkan, yaitu sebagai penyebab meningkatnya angka perceraian.

Read more

Jangan Ragu Minta Maaf Wahai Ayah

Hari minggu (8/10) yang cerah ini, selepas melihat-lihat baju Bersama Arden di Yogya Supermarket, kami pun melepas rasa lapar dengan makan. Makan secukupnya saja, Ice cream, Es Oyen, Mie Baso, Nasi Timbel, dan air putih merk Aqua. Makan lahap sekali, ayah tak mau kalah lahapya, sampai makanan Arden pun hendak dihabisi sekalian. Untung Arden jauh lebih sigap, melindungi makanannya.

Read more

Ketika Anak Mulai Belajar Mengeja

Hasil dari sekolah PAUD selain bermain, menyanyi, melukis, ternyata juga membaca. Arden mulai belajar membaca tertatih-tatih. Ia sudah mengenal huruf demi huruf dan mencoba mengeja kata demi kata. Belum semua huruf dikenalnya, termasuk  huruf Q dan X, soalnya belum berguna sih. Coba sebuatkan 10 kata indonesia dengan huruf Q dan X. Hayo jawab nanti dikasih sepeda sama Pak Presiden…

Read more

Senangnya Anak Membeli Jajanan di Pasar

Pagi-pagi, suara ibu terdengar sayu sekali,”Yah, kita pergi ke pasar ya.” Aku tak sempat membalas masih merasa dalam mimpi. Rupanya benar, ibu dan Arden pergi ke pasar hari minggu pas perayaan hari kesaktian pancasila yang lalu. Arden pasti senang ikut ke pasar, karena keinginannya untuk jajan akan terpenuhi. Benar saja, Arden ternyata sukses membuat ibu masuk warung grosiran di pasar membeli jajan rencengan seperti ini. Ini pasti bikin kesel ibunya.

Read more

Tiga Pertimbangan Ibu Agar Memasak Tetap Sehat di Dapur Rumah

Ibu Arden gemar sekali memasak dan merupakan kenyataan hidup yang berlaku setiap hari. Saat Ayah dan Arden masih menutup mata dan belum juga mengakhiri mimpi, ibu sudah mulai memasak dan menyiapkan hidangan makanan di dapur. Dari kegiatan tersebut, secara perlahan berbagai aneka masakan menjadi pengganggu tidur. Aroma makanan menusuk masuk rongga hidung ayah dan anak. Kalau sudah begini, ya pada bangun dong. Enggak tahan sama bau makanannya.

Nah, karena begitu senangnya memasak, dapur bisa dibilang menjadi bagian ruang penting bagi ibu. Seolah dapur adalah wilayah kerajaannya tak boleh ada raja lain di sana. Bagi ibu si raja dapur, kebersihan dan kenyamannya menjadi perhatian penting yang harus dijaga. Siapa yang berani menganggu kegiatan ibu dan bikin kotor peralatan memasaknya bisa kena omelan dan disuruh pergi jauh-jauh. Kalau sudah begini Arden pasti protes, “Atuh ibu, masak mah Ade juga bisa.”

Read more