Enam Macam yang Kau Perlu Tahu Kalau ke Kota Medan

Apa kau sudah pernah ke Kota Medan. Apa pula bayanganmu tentang Kota itu. Jangan-jangan kau kiranya Medan itu isinya Cuma orang batak saja. Biar kau tahu ya, Kota Medan itu menjadi Kota ke tiga paling besar di Indonesia setelah Surabaya. Jadi pengen tahu aku kayak mana besarnya kota Surabaya itu. Kota Medan dikenal pula menjadi tempat asal muasal kerajaan Deli. Tetapi, bukan Cuma itu sajanya yang harus kau tahu soal kota Medan. Mari Simak penjelasan di bawah ini.

Medan Medan berasal dari kata bahasa Tamil

Gereja Katolik Graha Maria Annai Velangkani. Sumber:http://indonesia.ucanews.com

Asal Kata Medan itu dari “Maidhan” atau “Maidhanam” dari bahasa Tamil, yang kalau kau mau artikan artinya tanah lapang atau tempat yang luas. Lalu, orang Melayu mengadopsi kata itu menjadi Medan. Jadilah nama kota ini Kota Medan.

Gerbang Wilayah Indonesia Bagian Barat

sumber:http://ceritamedan.com

Kalau kau mau tahu ya, Kota Medan itu pintu gerbang Indonesia bagian barat, masuknya lewat Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu. Kalau dulu, lewat Bandara Polonialah, sekarang sudah enggak dipakai laginya. Bandara Kuala Namu kalau dilihatnya itu posisinya ada  di Kabupaten Deli Serdang yang menyambung langsung dengan Kota Medan. Oh ya, di Kota Medan ini lah menjadi kota pertama di Indonesia ada kereta bandara. Kalian bisa ke kota naik kereta dari bandara.

Baca juga : Kota Medan, Kampung Halaman yang Dirindukan

Medan Bukan Hanya Ada Suku Batak Saja

Nah, ini dia, banyak yang bilang kalau orang Medan itu suku batak saja isinya. Padahal, Kota Medan itu banyak kali sukunya dan agamanya pun berbeda-beda. Bukan Cuma orang Kristen saja ada disana. Orang Batak pun banyak yang Islam. Kota Medan didominasi oleh etnis Jawa, Batak, Tionghoa, Mandailing, Minangkabau, dan Melayu. Suku Melayu ini yang menjadi suku pertama di Kota Medan.

Luas Kota Medan hanya 3,6 % dari seluruh Wilayah Sumatera Utara

Masjid Raya Ikon Kota Medan

Medan itu luas kalilah. Kalau diukur, Kota Medan luasnya bisa sampai 26.510 Ha265,10 km². Nah, kalau dibandingkan ya cuma 3,6% dari wilayah Sumatera Utara. Jadi Kota  Medan itu kecil kalilah, Cuma yaitu penduduknya saja yang banyak kali sampai 2.210.624 jiwa.

Kota ini dikenal dengan Becak Mesinnya

Becak Motor, sumber:http://www.peterloud.co.uk

Ada yang berbeda kalau kalian ke Medan mau naik becak. Namanya Becak mesin, Karena memang ada mesinnya. Ada juga yang menyebutnya becak motor atau disingkat bentor. Becak mesin ini jadi moda transportasi yang keren dan mantap dia bisa mengantar penumpang dari rumah ke rumah (door to door service). Awalnya, Becak mesih menggunakan mesin mesin dua langkah Rex buatan Jerman. Abi situ, dipakai pula sepeda kumbang Gobel yang dikayuh untuk menghidupkannya. Nah, kalau jaman now, becak mesin banyak yang pakai Honda Win. Kabar-kabarnya Becak mesin ini sudah kalah bersaing dengan transportasi online.

Aku dan Kau Adalah Sapaan Sehari-Hari Orang Medan

Kalau di Medan kau pakai Bahasa “Gue dan Elo” itu enggak keren coy. Kata Aku dan Kau adalah kata sapaan yang akrab digunakan sehari-hari.  Kalau mau bilang cinta sama pacara pun bilangnya pakai “aku dan kau” misalnya, “Sukak kali aku sama kau, dek.Mau kau kuajak nonton ke Medan Mall.”

Ya, itulah dululah ya ciri-ciri kota Medan. Kalau kalian mau jalan-jalan Ke Medan jangan lupa enam ciri di atas ya. Jangan apa kalilah di sana. Nanti ada apa-apanya. Biar enggak ada apa-apanya dijalan.

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *