Cerita Arden

Tragedi Uang Seratus Rupiah, Arden Mulai Kenal Uang

Suatu kali Arden pergi ke warung dengen pedenya membawa uang seratus rupiah yang berakhir. Ia pergi ke warung, namun tak lama kembali pulang. Arden menangis sejadi-jadinya, karena penjaga warung tidak memberikan jajanan yang diinginkan. Ya iyalah jajan mau susu kotak, uang yang dibawa cuma seratus rupiah.

Sayup-sayup terdengar…

Arden: Ibu, huhuhu, aku jajan mau beli milo uangnya katanya enggak cukup
Ibu: Berapa uangnya kok enggak cukup, biasa juga cukup.
Arden : Seratus bu…
Ibu: Ya iyalahhh seratuss…

Tak lama mengadu ke Ayah
Arden: Coba Ayah katanya enggak cukup
Ayah: Ya iyalah uang seratus (mengulang obrolan ibu)

Arden : Huhuhu
Ayah: katanya cukup berapa buat beli milo
Arden : Dua rebu…
Ayah: Nih dua rebu…
Arden : Dua atuh ayah… Kan mau beli milo nya uangnya harus dua rebu dua kali.

Arden Tidak Mengenal Uang Seratus

Arden tidak kenal uang seratus rupiah
Arden tidak kenal uang seratus rupiah

Ini awal mula arden suka jajan di warung. Uang yang dikenalnya cuma dua ribu rupiah. Jadi kalau dikasih uang yang lain, Arden tidak akan tahu berapa nilai uangnya. Dikasih seratus pun akan dibawa ke warung. Tetapi kalau dikasih uang dua ribu rupiah, Arden sudah tahu uang itu akan cukup membeli camilan empat bungkus di warung.

Kalau dipikir-pikir sih ada baiknya Arden kenal uang dari kecil. Ia bisa mengenal angka dan nilai uang sekaligus, meski baru uang dua ribu saja. Kalau nilai negatifnya mah. Arden menjadi keranjingan meminta uang dan jajan ke warung. Kalau tak dikasih, Arden biasanya diam saja. Tetapi kalau sudah pengen banget jajan ya maksa harus dikasih dua ribu.

Anak kecil ini mengenal uang dari temannya. Semenjak di Sukabumi, ia sering diajak ke warung. Dari melihat-lihat teman jajan dan mulai mencoba jajan. Ibu menjadi tempat meminta jajan. Kalau tak dikasih ya minta ke ayah. Arden biasanya enggak bakal berani jajan selain makanan. Karena kalau ketahuan uang jajannya bisa ditahan. Kalau sudah begitu kan, jadi tidak bisa jajan dan tidak bisa maka camilan. Sukabumi adalah tempat pertama kali Arden mengenal uang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *